Keluarga

Keluarga. Sebuah kata sederhana, namun sangat bermakna. Sebuah tempat kita memulai, dan mengakhiri hidup. Sebuah tempat penuh cinta dan kasih sayang. Ada Bapak, ada Ibu, ada kakak, dan ada adik. Mengawali dan mengakhiri hari bersama. Sebuah keadaan yang begitu menyentuh hati, menghangat


Namun, dewasa ini kehangatan keluarga banyak hilang dengan adanya game, pekerjaan yang tidak selesai, dan keperluan-keperluan tidak penting yang lain. Padahal kehangatan keluarga itulah yang membuat orang-orang di dalam keluarga bahagia dan sukses.


Kapan terakhir kali anda mencium tangan orangtua anda?
Kapan terakhir kali anda memberikan salam hangat pada orangtua anda?
Kapan terakhir kali anda meninggalkan game dan komputer untuk membantu orangtua anda?
Kapan terakhir kali anda mengatakan, Ayah, aku sayang Ayah?
Kapan terakhir kali anda mengatakan, Ibu, aku sayang Ibu?


Kapan terakhir kali anda menunda perintah Ibu anda?
Kapan terakhir kali anda memarahi Ibu anda?
Kapan terakhir kali anda mengatakan sesuatu yang buruk kepada Ibu anda?


Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang di atas mungkin mayoritas adalah sudah lama, dan yang bawah, baru saja. Maka, kita sendiri lah yang harus mengembalikan kehangatan keluarga ini.


Sincerely,
Azzadiva Sawungrana for My Family
Lagi dong

Sabtu, 10 Desember 2011 1 Comment

Kebiasaan Kecil


Teman, manusia itu diciptakan bukan hanya dari bagian yang besar-besar saja, layaknya jantung, hati, tangan, kaki, dan lain sebagainya. Justru manusia, diciptakan dari sebuah partikel/zarah terkecil yang disebut gen yang sangat sangat kecil, hanya beberapa mikron. Dan gen itu disusun dari asam amino yang merupakan gabungan dari ribuan peptida. Padahal satu peptida itu masih dibentuk dari atom atom N H dan O. Benar-benar sangat kompleks apa yang diciptakan Tuhan.


Nah, sebenernya itu cuman briefing yang bikin mikir, masak sih anak SMA pikirannya cuman Digimon terus, sekali-kali Biologist laaaah. Oya, jadi hidup kita ini terbentuk bukan dari kegiatan-kegiatan besar yang sering kita perhatikan kayak, ngadain konser sedunia, ngadain bakti sosial gede-gedean, atau yang agak gatel ya dapet aura kasih. Tapi, justru hidup kita itu dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan kecil mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi. Semuanya berpengaruh. Bahkan cuman beresin tempat tidur itu bakalan membuat kita lebih menghargai keindahan dan bisa nutup kemungkinan nyanyi lazy songnya bruno mars.

Nah, makanya nih kita harus biasain hidup yang simpel tapi bermanfaat terus. Caranya yaaa, 

  1. Banyak-banyak tinggalin tuh yang namanya IDIOT BOX (TV)
  2. Olahraga yang teratur, nggak perlu banyak-banyak, yang penting TERATUR
  3. Makan makanan alami, kurangi makan junk food. Nggaperlu sampe Vegetarian total. Tapi yang penting, makan yang jelas-jelas alami aja.
  4. Kalau nyari obat, cari yang HERBAL. Obat herbal cenderung klop sama tubuh dan nggak ngganjel di badan, termasuk vitaminnya.
  5. Jangan pernah mengeluh.
  6. Tersenyum dan menyapa pada siapapun yang kamu lewati.
  7. Mengurangi pemakaian plastik.
  8. Mengambil hikmah dari apa aja yang dialami.
  9. Selalu mengawali apapun dengan basmalah, dan mengakhiri dengan hamdalah.
  10. Jangan tidur terlalu malam.
  11. Jangan buang waktu dengan kegiatan yang tidak berguna.
  12. Selalu bayangkan mimpi-mimpi di depanmu!
Nah, semuanya itu ada gunanya kalo bener-bener kita lakuin, nggacuman teori aja. So, let us make these habits !
Lagi dong

Senin, 28 November 2011 Leave a comment

Aku, Mimpi, dan Kejujuran



Guwah. Kali ini saya mau curhat dikit aja tentang hidup saya. Bener-bener deh. Baru bener-bener yakin nih kalo mimpi itu berbanding lurus dengan kejujuran. Tau sendiri lah apa maksudnya kejujuran di sini. Pelajar pasti deket banget kan kaitannya sama nyontek, baik temennya, bukunya, bbnya, atau bahkan tanya gurunya boleh juga dicoba. Bagi saya itu udah masa lalu aja laaaah, parah itu mah. Saya kira tu kalo kita nyontek ya dapetnya bagus, tapi kok juga nggak kayak gitu. Jangan dicoba tapi diyakinin aja. Saya udah ngelakuin keduanya dan enggak kayak film-film di Indosiar yang lebe, saya ternyata bisa juga tanpa nyontek. Tapi ada kecualinya juga sih, di pelajaran Sejarah --". Gila, susah walaupun ada yang dapet 100. Emang udah nggak bakat dari oroknya kalo saya mah.


Tapi alhamdulillah kok karena saya mau berusaha buat seneng pelajarannya dan mau buat belajar ngungkut, saya bisa lumayan menguasai materi-materinya. Biologi yang dulunya saya nggasuka, bisa dibilang kayak panu di tubuh lah. Parah. Tapi alhamdulillah sekarang tidak lagi, yeeeh. Sekarang saya lumayan suka karena disuka-sukain. Yaa, malah kemaren nilainya lebih tinggi daripada nilai Matematika, gosh. Alhamdulillah aja pokonya. Udah belajar, nggak nyontek, dapet nilai bagus. Alhamdulillah. Dan kalo nyontek mesti saya nggak dapet nilai setinggi ini. Bisa aja karena faktor g (gurunya curiga), atau faktor k (keliatan terlalu pintar karena mukanya bloon), atau juga bisa faktor a (anyel, gurunya tiap hari nggak diperhatiin).


Jadi pokonya intinya, Aku (Mimpi)^4 = (Usaha + Jujur) x 100%
Bekerjalah dengan jujur (meskipun aku belum selalu bisa jujur tapi ayo) karena mimpi pangkat empatmu tergantung dengan kejujuran dan usahamu dikalikan 100%


BE WISE! BE HONEST!
Lagi dong

Selasa, 01 November 2011 Leave a comment

Penyakit Riya'ku




by Sawungrana Azzadiva on Thursday, August 25, 2011 at 9:24pm



Inilah aku.
Aku nggak tau sih gimana orang-orang lihat aku tu gimana. Tapi, aku ngerasa terlalu jaim di depan banyak orang. Dan itu bikin amalan-amalanku banyak yang berpotensi riya', padahal :
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia” [QS. Al-Baqarah: 264]

Sesungguhnya, amalan-amalan itu tergantung niat, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai yang diniatkannya. Maka, barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya diterima Allah dan Rasul-Nya; dan barangsiapa yang niat hijrahnya untuk dunia yang akan diperolehnya atau wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu akan sampai pada yang diniatkannya.'' (HR Bukhari Muslim).
Hatiku bilang,
"Kowe ra tulus nglakokke amalanmu. Makane sholatmu ra khusyu', apalanmu pudar, nganti ra semangat nglakokke sunnah."
Nggak tentram rasanya kalo amalan yang dikerjain tu nggak maksimal pahalanya. Pengen selalu berusaha menjaga niat dengan mencoba bisa tuma'ninah dan inget surga neraka di setiap kondisi, tapi memang susah. Teori sih gampang-gampang saja, jangan riya', jagalah niat. Tapinya tapi, banyak banget penghalangnya. Belum lagi kalo dateng masa-masa futur. Wah udah bikin stres qolbu itu.
Tapi setelah curhat sama seorang ikhwan yang aku ngefans berat (ahings :D), beliau ngasih tips :
"Jika kita mengamalkan sesuatu dengan niat bukan karena Allah subhanahu wa ta'ala maka ucapkan, laa haula wa laa quwwata illa billah (tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah). Lalu perbanyak istighfar. Lalu perbarui/betulkan niat (beri semangat diri; kalo saya dapet simpati orang itu pun ucapan/sikap yang sebentar dirasakan, tapi kalo karena Allah maka amal saya ini bisa saya rasakan di 5 alam :
1. Di dunia otomatis sebenarnya orang akan simpati walau kita tidak mengharap
2. Di kubur
3. Di mahsyar
4. Di shirot
5. Dan menentukan keberhasilan kita masuk surga atau neraka
God! Itulah yang kubutuhkan! Aku akan mulai mencoba tidak riya' dan meluruskan niat agar semua amalan yang aku lakukan maksimal pahalanya dan bisa membawaku dapet rahmatnya, dan mendapatkan gelar radhiyalllahu 'anhu! Aaaamiiin ya Rabbal 'alamiiin!
Lagi dong

Kamis, 25 Agustus 2011 Leave a comment

These Are My Visions

Assalamu'alaikum broy

Saya pengen sharing aja nih. Kalo saya udah netapin target kuliah (kalo di Indonesia) :
1. Geologi UGM

2. Oseanografi ITB
3. Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM
4. Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB

5. Perminyakan UPN
Doakan yaaaaaa !
Lagi dong

Sabtu, 13 Agustus 2011 Leave a comment

Scholarship, An Excellent Way

Assalamu'alaikum berooooy !
Tau kaga sih, lagi seneng bezanget broy. Karena saya kemarin habis dikontak oleh kakak sepupu saya yang dateng ke Klaten dari Nagoya euy. Saya dikasi tau ini itu tentang beasiswa, dan itulah yang saya inginkan sejak sd, smp, sma. Udah dari dulu saya tu kepengeeeen banget sekolah di Jepang, liat kulturnya, pengen dakwah disana gichu.

Dulu setauku nyari beasiswa itu susahnya setengah dyer, tapi ternyata eh ternyata beasiswa itu sangat-sangat mudah jika kita mau agak bersusah payah. Dan rasanya tau kita berkesempatan dapet beasiswa tu ya, berrrrrrrrr kejang tangan selama 3 detik. Masak aku yang semester 4 kemaren anjloook gitu nilainya bisa dapet beasiswa? Tapi ternyata, emang suauangat bisa kok. Tapi, ada syaratnya, kita harus berusaha banget buat kelas 3, paling enggak 75% materi harus bener-bener kita kuasai. Baru masalah bahasa.

Buat Beasiswa inggris, amerika, australi, dsb itu butuh nilai TOEFL min. 500 biasanya, kalo yang lain kadang enggak. Enak kok, coba aja. Hongkong itu juga enak, kita dapet total 150jutaan buat bayar apartemen + makan disana selama 4,5 tahun. Kalo di Timur Tengah, kalian yang hafidz itu bakalan jauh lebih mudah dan enak lagi. Bahkan kalo di Madinah, katanya temenku cuman perlu UN yang bagus ooii !

Soal bahasa, sebenernya itu bukan problem yang utama, karena kita selanjutnya bakalan bisa bahasa disana karena terbiasa kok. Yang penting ada modal bahasa inggris yang cukup dan keberanian yang cukup. Enggak ding, keberanian lah yang terpenting. Atau kamu takut jauh dari ortu? Takut dibantai mafia? Takut kena drugs? Takut jatuh cinta? Takut sama Vampir (soalnya disono kaga ada pocong)? Jangan takut beroy ! Ada KBRI disana. Banyak banget komunitas orang Indonesia yang bagus-bagus. Makanan halal juga banyaks! Apa yang kamu tunggu?

Ayo bareng-bareng kita nyari beasiswa!
Di da di yuk kita studi
di da di yuk kita studi
di da di yuk jangan takuti
tau-tau kita nanti bisa sukses

beasiswa bisa dicari di
http://www.infobeasiswa.net/
http://beasiswabeasiswa.com/
http://www.rumahbeasiswa.com/
http://beasiswabelajar.com/
Lagi dong

Sabtu, 02 Juli 2011 Leave a comment

Sukses Tergantung Siapa Kita

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
Udah lama ngga posting, pengen aja nih posting dikit-dikit.
Tau enggak euy, kemarin abis pada terima hasil snmptn. Ada yang mewek ada yang seneng, tapi intinya nangis lah. Banyak sih yang keterima, tapi yang gak keterima itu kasian banget. Mereka engga punya begitu banyak kesempatan lagi.

Tapi ada satu cerita dari kakak kelasku, keterima di salah satu Universitas gede sih, tapi yaaahhh bayarnya ngawu-awu om. Padahal nomer satu noh sekarang universitas. Jadi dianya kaga jadi kesono, katanya "Sukses itu engga tergantung dimana kita, tapi siapa kita." Mlongo :O , hebat filosofis banget. Nah mangkenye teman-teman. Ayo jadikan diri ini engga hanya nyari Univ yang terlihat gede, tapi ayo kita cari jati diri kita buat dapetin kesuksesan yang hakiki fiddunnya wal akhirat !

Semangat
Jazakumullah khoiron katsiron!
Lagi dong

Leave a comment

Lanjutin Kemana Ya?

Assalamualaikum semuanya, udah lama engga blogging, pengen blogging lagi .
Langsung aja nih, mau share aja kalo aku udah hampir pasti fokus sama FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN ITB Program Studi Sains Kebumian. Pengen sekali rasanya masuk situ :{. Yang baca tolong berdoa "Semoga Azzadiva Ravi Sawungrana diterima di FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN ITB Ya Allah", gitu ya. :D

Suatu saat saya pengen berbagi cerita sukses saya, dan sekarang adalah waktu untuk memulainya!
Lagi dong

Jumat, 18 Maret 2011 Leave a comment

These are My Dreams !

He temen-temen , belum 5 menit , udah pengen posting lagi .
Di posting-posting yang sebelumnya kan saya udah ngasih tau cara kita bermimpi , sekarang ini nih mimpi saya, hehe :
1. Jadikan kelasku dimanapun sebagai kelas yang sukses nantinya
2. Jadikan lingkunganku, lingkungan yang sangat bagus, dengan : Shodaqoh ke panti asuhan , ta'lim rutin , dll
3. Ubah temen-temen menjadi semakin baik dan semakin baik walaupun itu hanya sedikit demi sedikit
4. Lulus dengan nilai yang memuaskan dengan kemampuan sendiri
5. Masuk ITB Fakultas Ilmu Teknik Kebumian ato MIPA
6. Menjalani dimana pun dengan dakwah , ngajakin temen ke masjid , ngajakin temen tal'im, dll
7. Kegiatan dakwah dan iktikaf khuruj harus selalu terjaga dimana pun
8. Melanjutkan sekolah ke Jepang (belum jelas kemana tapi)
Heehhhh udah itu dulu lah , besok ane tambahin lagi ! Hehe, didoakan ya temaaaan !
Lagi dong

Jumat, 18 Februari 2011 Leave a comment

Sang Pembuat Jejak

Hey temen-temen. O genki desu ka ? Apa kabar ?
Kali ini saya mau share aja nih, video yang so inspiring dari Mas Danang Ambar. Beliau dulunya adalah seorang mahasiswa di Institut Pertanian Bogor. Beliau juga sebenernya bukanlah seorang yang kaya atau sangat pintar berIPK 4, justru malah pernah sampek 2,7. Tapi karena usaha dan mimpinya yang begitu besar, dan tentunya percaya bahwa mimpinya itu akan menjadi kenyataan, semuanya benar-benar menjadi kenyataan.
Beliau menuliskan ratusan mimpinya di selembar kertas yang ditempel di dinding kamar. Dan kini, tulisan-tulisan itu kini hanya menjadi coretan-coretan, KARENA BERHASIL DILALUINYA !

Daripada penasaran , sok aja liat :)
Bagus kan ? Tiru beliau ya teman-temanku ! GANBARE !
Lagi dong

Leave a comment

Berani Bermimpi Besar !

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia, berlarilah, tanpa lelah, sampai engkau meraihnya!

Mungkin itulah sebait dari lagu Laskar Pelangi yang begitu bermakna
Mimpi, kata yang begitu banyak menginspirasi manusia. Bisa maknanya hal yang kita alami sewaktu tidur ataupun harapan dari seorang manusia yang mungkin kata orang itu tidak mungkin. Tapi sebenarnya ketidakmungkinan itu sendiri adalah tidak mungkin. Karena manusia bisa melakukan segalanya (karena ada Tuhan yang selalu bersamanya)!

Menurut Kazuo Murakami (Peneliti gen yang udah 40tahunan gitu) dalam bukunya The Divine Message of The DNA, manusia itu emang bisa mendapatkan yang dia mau, asal dia PERCAYA BAHWA DIA AKAN MENDAPATKAN apa yang dia inginkan. Saat dia percaya , gen-gen yang ada di dalam tubuhnya itu akan mengatur sendiri bahwa dia bisa mendapatkannya , dan lagi , gen-gen itu bisa mempengaruhi lingkungan sekitar kita jadi terkondisi ! Maka, Kazuo Murakami pun menulis di dalam bukunya , memang dia mengakui bahwa semakin dia mempelajari gen , semakin banyak pertanyaan yang ada di kepalanya. Dan dia menyimpulkan bahwa memang ada Yang Maha Besar di balik semua ini. Karena ini semua tidak terjadi secara kebetulan.

Nah dari segi gen aja itu udah bikin kita percaya bahwa semua mimpi yang kita inginkan akan terwujud. Tapi tentunya dengan USAHA dan TAWAKAL pula. Maka temanku , BERANILAH BERMIMPI BESAR ! Karena kamu akan mencapai semua mimpi itu ! Semua akan bisa terjadi kalo kamu MAU dan PERCAYA ! Kalo ada yang ngejek kamu , anggap mereka adalah figuran yang membuatmu lebih semangat dalam film yang kamu menjadi PEMAIN UTAMAnya. Karena kamu adalah PEMAIN UTAMA dari film Hidupmu ini ! Percayalah ! Suatu saat kamu akan tersenyum mengingat kamu pernah mengalami masa-masa yang sulit dan kamu menghadapinya dengan baik , dan akhirnya kamu mendapatkannya berkat USAHAmu itu !
Jadi , bersemangatlah teman ! Tak ada kata terlambat. Terlambat justru adalah jika kita mengulur-ulur waktu jika mengerjakan sesuatu.

Jangan buang waktumu dengan kegiatan yang kamu udah tau itu engga berguna ! Karena detik demi detik di hidupmu tidak akan pernah kembali, dan tidak akan pernah bisa kamu ubah yang telah kamu lalui. Manfaatkanlah waktu sekarang, tinggalkan masa lalu yang menghambatmu. Semakin cepat kamu berusaha, semakin cepat pula kamu mendapatkan mimpimu itu ! Dan ingat, jangan pernah mengeluh akan apa yang membebanimu, karena semua yang membebanimu itu adalah sebuah LATIHAN untuk menghadapi UJIAN-UJIAN yang akan datang, karena hidup itu layaknya soal matematika, akan lebih mudah jika kita sering berlatih. Jadi, jangan takut pada semua yang membebanimu, justru tersenyumlah padanya! Karena senyum itu yang akan mengantarkanmu untuk menyukai sesuatu secara tulus.

Teman, tuliskanlah mimpi-mimpimu. Karena jika hanya kamu simpan di otak, KAMU AKAN LUPA ! Tulislah di tempat-tempat yang kamu mudah untuk membacanya.  Kalo perlu perlihatkan pada temanmu, karena kamu ENGGA MALU PUNYA MIMPI !

Sherina - Click Clock
Click clock waktu berdetak
Click clock terus menghentak
Cepat gunakanlah waktumu
Secepat ayun langkahmu
Karena roda hidupmu
terus berputar

Click clock janganlah ragu
Click clock kejarlah ilmu
INGAT JANJI MASA DEPANMU
Terbentang di hadapmu
Karena masa kecilmu tak akan kembali

Berakit ke hulu berenanglah ke tepian
Masa depan tlah luas membentang
Kegagalan bukanlah sebagai penghalang
Jangan sampai kau sesali
Karena waktu terus berlari

Bersakit dahulu bersenanglah kemudian
Hari esok akan tiba menjelang
Kegagalan bukanlah sebagai penghalang
Mari maju
Kejarlah CITAMU…

^.^ Teman, bersemangatlah, percayalah, dan berusahalah ! Karena semua itu akan mengantarkanmu pada semua mimpimu . Mimpi indahmu! GANBARE ! 
Azzadiva Ravi Sawungrana Jum'at18Feb'11
Lagi dong

Kamis, 17 Februari 2011 Leave a comment

You'll Never Walk Alone

YNWA ! Haha, teman-teman kali ini saya mau cerita kalo sebenernya saya adalah seorang Liverpudlian/Fansnya Liverpool FC.

Semuanya dimulai saat final Liga Champions 2005. Saat itu saya cuman mau dukung tim dari Premier League. Dan tentunya saat itu saya dukung Liverpool. Belum tiga menit ehh Liverpool udah kebobol sama  golnya Crespo yang terkenal cantik itu. Tau-tau aja babak pertama udah selesai dengan kedudukan 3-0 buat Milan. Ya manusiawi aja saya ngira pasti milan lah yang menang. Liat aja gitu, secara teknik, kematangan, dan lain-lain jelas Milan yang menang.

Tapi, siapa sangka babak kedua adalah milik Liverpool. Semuanya berawal dari gol sang kapten, sang legenda, Steven Gerrard pada menit ke 54. Tandukan dari jarak 12 meter itu menaklukkan Dida hingga dia memungut bolanya -weks bahasa bola banget-

Dan pada saat itu, si Stevie G memberikan semangat kepada rekan-rekan setimnya dan fans yang udah lesu. Dan ternyata itu berhasil lewat gol Smicer 2 menit kemudian. Dan alih-alih kalah, Liverpool malah diberi hadiah pinalti oleh wasit karena Gerrard dijatuhkan Genarro Gattuso di kotak pinalti. Xabi Alonso gagal mengeksekusi, tapi dia langsung menyambar bola itu dengan sigap. Maka kedudukan 3-3 diperoleh dalam waktu 6 menit. It was awesome you ya know ?

Singkat cerita, sampek pinalti dan Liverpool menjadi pemenangnya ! Waaa , setelah itu saya langsung tergila-gila ama yang namanya Liverpool dan Stevie.

Haha, gitu dulu ajalah selengkapnya besooook lagiii
Lagi dong

Rabu, 16 Februari 2011 Leave a comment

Watashi Wa Azza Desu

Hello friends !
This is the first time I write on my personal blog. Well, I'm confused what I write to, and my grammar just also scks. But I will write anything here in English (but I dont promise yaa, hehe)

Well, I am Azzadiva Ravi Sawungrana. I am Indonesian. I am Javanese. I am Muslim. And I hate war ! Because in Europe and America muslims are very close to war/terorism. They arent real Muslim. It was ultra super duper radical and I wont be one of them. The meaning of Islam is Safe. And safe close to peace. As a human being, I am truly love peace and hate war. Because in the Quran war isnt the main solution, the main solution is DAKWAH, spread Islam in the world.

Well, about Islam we'll be continue tomorrow :D

I am a student at SMAN 1 Klaten, and at the 11th Grade -> 11 Science 5.
Lagi dong

Leave a comment

Postingan Lebih Baru »